ft@unnur.ac.id (022) 6002060

Seminar FIKI

Pada tanggal 14 Maret 2017 bertempat di Aula Unnnur telah diselenggarakan Seminar dengan judul “Embeded System” dengan pembicara Bapak Ana Heryana, S.T., M.T. dari LIPI. Seminar diikuti oleh para mahasiswa FIKI dan mahasiswa lain yang berminat serta beberapa dosen terkait.

Istilah “embedded” atau sistem benam atau sistem tertanam tidak asing bagi mereka yang berkecimpung di bidang IT, namun perlu penjelasan bagi mereka yang berkecimpung di bidang non IT. Istilah tersebut mengandung pengertian suatu sistem komputer yang dirancang secara khusus untuk tujuan atau pekerjaan yang bersifat spesifik.

Sistem ini berbeda dengan general purpose yang digunakan pada perangkat-perangkat komputer umum. Pada sistem general purpose, perangkat komputer dapat digunakan untuk berbagai keperluan mulai dari mengolah data, bermain game, membuat desain, dan keperluan lainnya. Penggunaan embedded sistem dalam kehidupan sehari-hari sangat mudah diketemukan dan contoh-contohnya akan semakin memudahkan orang untuk memahami mengenai sistem ini. Misalnya saja beberapa perangkat kecil seperti MP3 Player, jam tangan, microwave, mesin cuci, dan sebagainya. Sementara itu penerapannya pada perangkat besar antara lain pesawat, robot, lift, mobil, dan perangkat-perangkat lainnya.   Perangkat-perangkat tersebut dibuat sesuai kebutuhan dan tidak bertujuan agar bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan yang rumit melainkan pekerjaan tertentu yang spesifik. Semoga Menambah Wawasan Kita!